www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#04 Pasal Pertama: Keutamaan Akhlaq yang baik dan Tercelanya Akhlaq yang Jelek

          Beberapa hal terkait masalah ini, telah disebutkan yang demikian ini pada Adab-adab Pergaulan.

          Dan, ketahuilah bahwasannya orang-orang telah membicarakan tentang buah akhlaq yang baik, tetapi tak membahas hakikatnya. Itupun tidak disebutkan semua buahnya, dari sebagian mereka hanya menyebutkan apa yang Allah mudahkan baginya.

          Pengungkapan hakikat yang demikian itu, dapat dikatakan bahwa sering sekali penerapan akhlaq yang baik disertai kebagusan fisik. Maka, dikatakan, "Fulan berakhlaq baik dan berfisik bagus." Maksudnya dia bagus baik zhahir (lahir) maupun batinnya.

         Yang dimaksud fisik adalah bentuk penampilan lahir, sedangkan yang dimaksud akhlaq adalah penampilan batin. Dan, yang demikian itu disebabkan manusia terdiri atas jasad dan jiwa. Jasad bisa dilihat dengan mata, sedangkan jiwa bisa diketahui dengan ilmu. Masing-masingnya memiliki bentuk dan penampilan, entah bagus atau jelek. Jiwa yang bisa diketahui oleh ilmu ini lebih bernilai dari pada jasad yang bisa dilihat dengan mata. 

         Oleh karena itu, Allah ta'ala memuliakan urusan jiwa. Allah ta'ala berfirman, 
"Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah, maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan) Ku." (Shad: 71-72)

          Allah ta'ala menyebutkan bahwa jasad dinisbahkan kepada tanah, sedangkan ruh dinisbahkan kepada-Nya.

          Akhlaq adalah ungkapan tentang penampilan kokoh pada jiwa. Dimana jiwa ini akan dengan mudah lahir berbagai perbuatan, tanpa memerlukan pertimbangan terlebih dahulu.

          Jika perbuatan-perbuatan tersebut bagus, dinamakan akhlaq yang baik. Namun jika perbuatan-perbuatan tersebut jelek, dinamakan akhlaq yang jelek.

Bibliografi

  • Kitab Mukhtashar Minhajul Qashidin - Al-Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi
  • Buku terjemahan - Mukhtashar Minhajul Qashidin - At-Tuqa
  • Kajian Islam Mukhtashar Minhajul Qashidin - Al-Ustadz Qomar ZA, Lc - Masjid Umar Ibnul Khaththab, Ponpes Darul Atsar, Kedu, Temanggung

Mukhtashar Minhajul Qashidin
Belajar dengan Menulis Saban Hari

***

WhatsAb Sabar
WhatsApp Salafy Asyik Belajar Saban Hari

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...