www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#10 Rute 7 - Cerita Internal

Fungsi, memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan mewakili cerita internal/spiritual/tema/pelajaran hidup dan tokoh utama mempelajarinya.

Posisi 22%, biasanya langsung terjadi setelah Meretas ke Bagian Tengah, tetapi bisa juga lebih awal. Pastikan saja, itu terjadi kira-kira 25% bagian awal biografi.

          Ingat, bahwa Bagian Tengah biasanya sesuai kenyataan merupakan versi kebalikan dari Bagian Awal. Bahkan, termasuk orang-orang atau tokoh-tokohnya.

          Dalam perkenalan, kita telah memperkenalkan tokoh-tokoh pada cerita eksternal. Mereka adalah orang-orang yang berasal dari dunia tokoh utama sebelum perubahan. Tentu saja, mereka tidak pergi begitu saja pada rute ini. Hanya saja tokoh-tokoh pada Bagian Awal mengambil peran lebih sedikit, dan akan beralih pada orang-orang yang akan ditemui sang tokoh utama pada dunia baru ini.

          Karakter cerita internal ini merupakan karakter pendukung. Maksudnya tokoh-tokoh yang pada dasarnya akan membantu tokoh utama dalam mempelajari temanya. Mereka bisa berupa teman-teman baru, mentor, guru pembina, atau bahkan musuh besar.

          Jadi, hanya ada dua kriteria yang biasanya pada tokoh-tokoh cerita internal:
✓ Mereka harus sedikit banyak melambangkan dunia Bagian Awal yang terjungkir balik.
✓ Mereka mesti sedikit banyak membantu membimbing sang tokoh utama menuju pelajaran hidup atau temanya.

          Maksud pada poin pertama adalah, sang tokoh utama tak bertemu tokoh-tokoh cerita internal di Bagian Awal atau cerita eksternal. Pemunculan tokoh-tokoh di cerita internal dalam kehidupan tokoh utama hanya akan terjadi pada:
✓ peristiwa Katalis, kemudian Meretas ke Bagian Tengah, atau bisa juga,
✓ benar-benar muncul setelah masuk ke Bagian Tengah, atau
✓ Boleh jadi tokoh-tokoh pada cerita eksternal atau Bagian Awal terbawa masuk ke dalam Bagian Tengah. Hanya saja tokoh-tokoh tersebut telah terjungkir balik kehidupannya ikut terbawa dalam cerita internal. Mereka ikut berubah, karena mungkin teman-teman tokoh utama yang terikut pula dalam gelombang transformasi.

          Semua tokoh dalam cerita internal merupakan produk-produk dari dunia Bagian Tengah.

          Mengapa karakter cerita internal semestinya merupakan produk dari dunia baru?

          Ya, jelas. Tokoh utama tak akan bisa mempelajari tema atau melakukan transformasinya dalam dunia kehidupan di Bagian Awal. Manusia selalu dipengaruhi konteks dan lingkungannya. Dengan adanya Katalis, itu membuat sang tokoh utama terdorong memasuki Bagian Tengah. Maka dari itulah, senyatanya dan pastilah orang-orang yang mendukung tokoh utama untuk mempelajari pelajaran hidup ada di dunia yang baru ini. Jika tidak, maka tokoh utama akan tetap di tempat pertama yaitu cerita eksternal. Dan, tak akan terjadi transformasi kehidupannya. Apa serunya?

          Tokoh-tokoh cerita internal dapat membantu membimbing tokoh utama menuju pelajaran hidupnya dengan berbagai jalan.

          Misalnya,
  • Sifat keingintahuan sang tokoh utama, membuat - dalam hal ini - teman barunya selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan tokoh utama tentang bagaimana berprinsip hidup.
  • Suatu majelis-majelis ilmu yang diadakan tokoh-tokoh dalam cerita internal akan menjadi penarik bagi tokoh utama untuk ikut serta, karena semangat tokoh utama untuk mencari pegangan hidup yang jelas. 
  • Program-program pelajaran prinsip hidup dengan durasi yang lebih panjang dalam suatu institusi pendidikan, bisa juga diikuti tokoh utama.
  • Bahkan, hal-hal seperti di atas dikejar untuk didapatkan tokoh utama walau sekalipun harus menyeberangi berbagai negeri.
  • Dan sebagainya.
          Bagaimanapun, para tokoh membantu sang tokoh utama mempelajari pelajaran kehidupan merupakan fokus cerita dalam Cerita Internal.

          Tokoh-tokoh Cerita Internal biasanya akan muncul di sepanjang Bagian Tengah, bahkan nanti juga di Bagian Akhir dari Biografi. Namun, mereka muncul pertama kali di rute 7 ini Cerita Internal. Sosok-sosok itu bisa siapapun, selama mereka selalu secara efektif menunjukkan kekurangan-kekurang tokoh utama, dan membuat sang tokoh utama ingin berubah. Tokoh-tokoh Cerita Internal ini menjadi karakter-karakter istimewa yang memenuhi peran istimewa pula seolah-olah sebagai utusan membawa pelajaran hidup.

          Dalam Cerita Internal, terkadang tokoh-tokohnya beberapa, dan mereka memenuhi peran tugas seperti telah disebutkan di atas, dan dengan cara-cara yang saling berbeda pula.

Dalam Biografi Inspiratif Ngadiman ini, rute 7 ini ada pada bab:

Bab #21 Pertemuan
Bertemunya orang-orang, hakikatnya berjumpanya hasrat-hasrat yang sama. Dikira punya hasrat yang sama, ternyata teroris.

***

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...