www.izzuka.com

#19 Rute 7 - Cerita Internal

Faktanya, memperkenalkan tokoh-tokoh yang akan mewakili cerita internal /spiritual /tema /pelajaran hidup dan tokoh utama mempelajarinya.

Letaknya 22%, biasanya langsung terjadi setelah Meretas ke Bagian Tengah, tetapi bisa juga lebih awal. Pastikan saja, itu terjadi kira-kira 25% bagian awal Kisah-kisah Nyata.

          Ingat, bahwa Bagian Tengah biasanya sesuai kenyataan merupakan versi kebalikan dari Bagian Awal. Bahkan, termasuk orang-orang atau tokoh-tokohnya.

          Dalam perkenalan, kita telah memperkenalkan tokoh-tokoh pada cerita eksternal. Mereka adalah orang-orang yang berasal dari dunia tokoh utama sebelum perubahan. Tentu saja, mereka tidak pergi begitu saja pada rute ini. Hanya saja tokoh-tokoh pada Bagian Awal mengambil peran lebih sedikit, dan akan beralih pada orang-orang yang akan ditemui sang tokoh utama pada dunia baru ini.

          Karakter cerita internal ini merupakan karakter pendukung. Maksudnya tokoh-tokoh yang pada dasarnya akan membantu tokoh utama dalam mempelajari temanya. Mereka bisa berupa teman-teman baru, mentor, guru pembina, atau bahkan musuh besar.

          Jadi, hanya ada dua kriteria yang biasanya pada tokoh-tokoh cerita internal:

✓ Mereka harus sedikit banyak melambangkan dunia Bagian Awal yang terjungkir balik.

✓ Mereka mesti sedikit banyak membantu membimbing sang tokoh utama menuju pelajaran hidup atau temanya.

          Maksud pada poin pertama adalah, sang tokoh utama tak bertemu tokoh-tokoh cerita internal di Bagian Awal atau cerita eksternal. Pemunculan tokoh-tokoh di cerita internal dalam kehidupan tokoh utama hanya akan terjadi pada:

✓ peristiwa Katalis, kemudian Meretas ke Bagian Tengah, atau bisa juga,
✓ benar-benar muncul setelah masuk ke Bagian Tengah, atau
✓ Boleh jadi tokoh-tokoh pada cerita eksternal atau Bagian Awal terbawa masuk ke dalam Bagian Tengah. Hanya saja tokoh-tokoh tersebut telah terjungkir balik kehidupannya ikut terbawa dalam cerita internal. Mereka ikut berubah, karena mungkin teman-teman tokoh utama yang terikut pula dalam gelombang transformasi.

          Semua tokoh dalam cerita internal merupakan produk-produk dari dunia Bagian Tengah.

          Mengapa karakter cerita internal semestinya merupakan produk dari dunia baru?

          Ya, jelas; 
  • Tokoh utama tak akan bisa mempelajari tema atau melakukan transformasinya dalam dunia kehidupan di Bagian Awal. 
  • Manusia selalu dipengaruhi konteks dan lingkungannya
  • Dengan adanya Katalis, itu membuat sang tokoh utama terdorong memasuki Bagian Tengah. 
  • Maka dari itulah, senyatanya dan pastilah orang-orang yang mendukung tokoh utama untuk mempelajari pelajaran hidup ada di dunia yang baru ini. 
  • Jika tidak, maka tokoh utama akan tetap di tempat pertama yaitu cerita eksternal. Dan, tak akan terjadi transformasi kehidupannya. Apa serunya?
          Tokoh-tokoh cerita internal dapat membantu membimbing tokoh utama menuju pelajaran hidupnya dengan berbagai jalan.

          Misalnya,
  • Sifat keingintahuan sang tokoh utama, membuat - dalam hal ini - teman barunya selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan tokoh utama tentang bagaimana hidup yang benar.
  • Suatu majelis-majelis ilmu yang diadakan tokoh-tokoh dalam cerita internal akan menjadi penarik bagi tokoh utama untuk ikut serta, karena semangat tokoh utama untuk mencari pegangan hidup yang jelas. 
  • Program-program pelajaran hidup yang benar dengan durasi yang lebih panjang dalam suatu institusi pendidikan, bisa juga diikuti tokoh utama.
  • Bahkan, hal-hal seperti di atas dikejar untuk didapatkan tokoh utama walau sekalipun harus menyeberangi berbagai negeri.
  • Dan sebagainya.
          Bagaimanapun, para tokoh membantu sang tokoh utama mempelajari pelajaran kehidupan merupakan fokus cerita dalam Cerita Internal.

          Tokoh-tokoh Cerita Internal biasanya akan muncul di sepanjang Bagian Tengah, bahkan nanti juga di Bagian Akhir dari Kisah-kisah Nyata. Namun, mereka muncul pertama kali di Rute 7 ini Cerita Internal. Sosok-sosok itu bisa siapapun, selama mereka selalu secara efektif menunjukkan kekurangan-kekurang tokoh utama, dan membuat sang tokoh utama ingin berubah. Tokoh-tokoh Cerita Internal ini menjadi karakter-karakter istimewa yang memenuhi peran istimewa pula seolah-olah sebagai utusan membawa pelajaran hidup.

          Dalam Cerita Internal, terkadang tokoh-tokohnya beberapa, dan mereka memenuhi peran tugas seperti telah disebutkan di atas, dan dengan cara-cara yang saling berbeda pula.

Dalam Kelindan Kisah-kisah Nyata Fulan ini, Rute 7 ini ada pada Kisah:

Bab #21 Pertemuan

Bertemunya orang-orang, dengan Motivasi-motivasi yang sama. Dikira punya hasrat yang sama, ternyata teroris.

***

Mau belajar menulis Kisah Nyata via daring (online), ikuti tahapannya, TAP /KETUK > di bawah ini:

Atau, mau belajar menulis Kisah Nyata via luring (offline), beli saja bukunya, TAP /KETUK > di bawah ini:
Buku Menulis
Kisah Inspiratif

rasa Novel - 55k


Mau belajar menulis Kelindan Kisah-kisah Nyata via daring (online), ikuti tahapannya, TAP /KETUK > di bawah ini:

Atau, mau belajar menulis Kelindan Kisah-kisah Nyata via luring (offline), beli saja bukunya, TAP /KETUK > di bawah ini:

Mau Belajar Ilmu Syar'i dengan Menuliskannya, mudah, sedikit demi sedikit, dan saban hari, TAP /KETUK > di bawah ini:
WhatsApp Salafy Asyik Belajar dan Menulis

Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.
Produk

Online Shop
Buku, Peranti belajar,
dan sebagainya



Misi


Fakta
Ciri Khas Artikel



F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...