www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#19 Lanjutan Teras Tulisan: Daya Pikat Manusia

           Daya pikat manusia, setiap orang punya definisi masing-masing. Sesuatu yang memikat seseorang belum tentu juga memikat orang lain. Misalkan,
Penyelundupan binatang Komodo dari Indonesia ke negara lain, barangkali tidak merupakan daya pikat bagi segolongan orang. Namun, untuk segolongan orang lainnya, peristiwa itu sangat memikat perhatian.

          Karena, nilai daya pikat manusiawi itu relatif, maka para penulis Feature dituntut mempunyai kepekaan intuitif dalam mendeteksi suatu hal yang akan dijadikan sebagai daya pikat manusiawi.
          
          Ada tiga hal, yang umumnya bisa menjadi pemantik intuisi, yaitu:
✓ Drama
✓ Emosi, dan
✓ Latar Belakang

          Penulis musti melihat, bahwa kejadian yang memiliki pertentangan sampai mencapai titik klimaks, merupakan unsur yang dapat membangkitkan rasa iba, tawa, tangis, amarah dan informasi seputar kondisi seseorang merupakan daya pikat manusiawi.
          
          Untuk lebih jelasnya 3 pemantik intuisi, baiklah akan diberi contoh:
Drama: jika seseorang bisa keluar selamat dari bencana apa saja, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, kecelakaan, dan sebagainya.

Emosi: misal, ada kejadian seorang guru besar ketika akan memberi kuliah, mengatakan bahwa mengapa cahaya lampu di ruang kuliah agak redup. Ternyata ia tidak memakai kacamata baca, tetapi memakai kaca mata gelap dan lupa menggantikannya dengan kaca mata baca. Hal tersebut memicu emosi perasaan lucu.

Latar Belakang: Sepasang suami istri, keduanya buta, sanggup membesarkan 2 anak yang selalu di peringkat atas di suatu pondok pesantren. Namun, kedua orang tua tersebut dengan kekurangan butanya itu tak mampu membiayai untuk melanjutkan belajar anak-anaknya di ponpes tersebut. Hal itu akan menimbulkan emosi simpati, bahkan empati terhadap keluarga tersebut.

         Dan, masih banyak lagi contoh lain yang bisa ditemukan dan dikembangkan yang dapat memicu emosi berupa perasaan lucu, simpati, empati dan latar belakang.
         
         Boleh jadi, seorang penulis sedang mencari bahan untuk berita biasa, ternyata di sela-sela tersebut ia menemukan daya piket manusia. Sehingga daya pikat manusia memang biasanya ditemukan dalam berita biasa. Dan, itu tergantung kemampuan sensitifitas intuisi penulis.

***

Buku
Menulis Artikel
Asyik Dibaca - 50k

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...