www.izzuka.com

#30 Bidang-bidang Deskripsi Orang yang Tak Tampak

          Kali ini kita akan bahas bidang-bidang yang mampu kita tampilan sebagai deskripsi orang dari hal-hal yang sulit terlihat oleh pancaindera kita. Akan tetapi tetap sanggup kita lihat dari gelagat atau tanda-tanda fisik yang nampak.

Bidang Perasaan

          Antara tubuh dan jiwa terdapat pertalian yang sangat erat. Pertalian itu dapat diungkapkan dengan berbagai cara. 

            Ketiga bidang dalam deskripsi seorang tokoh, yaitu Bidang Fisik Luar, Milik dan Tindakan semata-mata memperlihatkan apa yang nampak, dan tidak mempersoalkan apa yang ada di balik tirai fisik manusia. Nah, sekarang kita akan membahas bidang yang berlawanan dari ketiga bidang tersebut, yaitu mencoba melihat adakah pertalian antara yang fisik dan jiwa. Yakni, deskripsi tentang perasaan seseorang.

            Bagaimana mungkin, perasaan yang merupakan suatu hal yang tak dapat disentuh oleh tangan, keadaan yang tidak memiliki kehadiran fisik, dan situasi yang tak ada daya tarik pada pancaindera itu sanggup dideskripsikan?

            Perasaan atau pikiran seseorang, betul memang tak dapat dicerap oleh pancaindera, namun kita yakin dan tahu, menurut pengalaman bahwa,

apa-apa yang terlihat pada fisik seseorang itu adalah interpretasi dari apa-apa yang ada di dalam pikiran, perasaan dan hati seseorang. 

          Sesuatu yang letaknya di dalam memang sulit dilihat, 
tetapi dapat ditafsirkan dari tanda-tanda yang nampak di luar. 
Yang zhahir atau yang lahir menunjukkan batin atau jiwa
Maka dari itu, suatu perasaan itu sanggup dideskripsikan dengan fisik tubuh seseorang.     
    
          Misalkan, 
  • Seorang yang berada dalam keadaan sedih atau tertimpa musibah, akan terlihat murung, 
  • wajahnya tidak tampil segar dan bercahaya layaknya ketika ia dalam keadaan gembira dan bahagia. 
  • Kemurungan adalah sifat batin, tetapi tetap akan terpancar pada air muka 
  • dan bahkan juga pada gerak-gerik seseorang
  • Pancaran sinar mata yang redup pada orang yang dirundung kesedihan, gerak bibir yang gemetar, warna kulit paras yang memucat dan sebagainya merupakan petunjuk yang tak dapat disangkal tentang perasaan murung pada tokoh tersebut.
          Coba perhatikan teks-teks dalam paragraf episode "Nyaris":

          Wajah Bapak nampak mengeras. Aku bisa melihat jelas rahang gigi Bapak mengatup kencang. Tak ada senyum lagi di sana. Mata Bapak tidak fokus lagi. Bola matanya bergerak-gerak. Bapak menoleh ke kursi-kursi penumpang di depan dan belakang tempat Ibu dan kakak-kakakku duduk. Bapak juga sibuk memakaikan pelampung pada kakak-kakakku. Ibu telah memakainya. Ayah mengangguk kepada Ibu, seperti ada yang dipastikan bahwa semua baik-baik saja. 

          Ada apa ini? Apakah ada yang tidak beres? Aku merasakan suasana yang ganjil. Suasana dalam pesawat agak rusuh. Apa yang telah terjadi?

           Perhatikan, betapa perasaan sang Bapak dilukiskan. Perasaan panik dan tegang memang tak dapat dicerap oleh pancaindera karena itu berada di dalam yaitu di hati, di jantung Bapak, tetapi deskripsi tentang gestur wajahnya, matanya, gerak-gerik kepalanya, sikapnya dan sebagainya, itu semua tak dapat membohongi perasaan Bapak.

            Jadi deskripsi perasaan mampu dilahirkan dalam perbuatan-perbuatan atau gerak-gerik yang mencocoki. Dan, rincian detail-detail fisik tubuh itu dapat disimpulkan dalam satu perasaan umum yang dimaui penulis, seperti kata "panik" dan "tegang" pada contoh tersebut.

***

Mau belajar menulis Kisah Nyata via daring (online), ikuti tahapannya, TAP /KETUK > di bawah ini:

Atau, mau belajar menulis Kisah Nyata via luring (offline), beli saja bukunya, TAP /KETUK > di bawah ini:
Buku Menulis
Kisah Inspiratif

rasa Novel - 55k


Mau Belajar Ilmu Syar'i dengan Menuliskannya, mudah, sedikit demi sedikit, dan saban hari, TAP /KETUK > di bawah ini:
WhatsApp Salafy Asyik Belajar dan Menulis

Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.
Produk

Online Shop
Buku, Peranti belajar,
dan sebagainya



Misi


Fakta
Ciri Khas Artikel



F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...