www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#11 Istilah pada definisi Feature: Meyakinkan

Meyakinkan

          Yang dimaksud meyakinkan di sini terkait dengan kepercayaan diri pada seseorang. Feature merupakan informasi yang bisa memulihkan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada seseorang.
          
          Bagaimana bisa begitu?
          
          Kini, mengapa seseorang tidak mempunyai kepercayaan diri? Itu antara lain disebabkan oleh karena kurangnya pengetahuan, pengalaman, kecerdasan, keterampilan dan kemungkinan ada kekurangan pada tubuhnya atau cacat badan.
           Feature, merupakan media memberi pengetahuan pada khalayak, menjadi salah satu cara menghilangkan rasa rendah diri. Bacaan Feature juga merupakan sarana untuk menambah pengalaman seseorang dengan mengetahui gagasan-gagasan, praktek ataupun barang baru. Istilah "baru" di sini tak terbatas pada hanya pengetahuan baru, tetapi boleh jadi seseorang belum tahu suatu yang sejatinya pengetahuan lama. Namun seseorang tersebut belum mengembangkan pengetahuannya untuk menyetujui atau menolaknya.

Awet

          Ada satu lagi karakter Feature, yang mungkin perlu kita tambahkan, yaitu: awet. Sifat awet pada Feature merupakan suatu ciri khas kekuatan tulisan ini yang tidak bisa dianggap remeh.
          
          Berita biasa yang telah lewat 24 jam, yaitu berita kemarin hanya baik untuk pembungkus kacang. Unsur berita telah luluh, punah. Namun, untuk Feature tidak, ia bisa disimpan berhari, berminggu, bahkan berbilang bulan.
          
          Sebagai penulis kawakan, kita dapat menyimpan daftar ide tulisan Feature untuk hari-hari yang miskin berita hangat. Dengan daftar ide untuk tulisan Feature yang matang siap di bank ide, penulis mampu setiap saat produktif. Bahkan, bila lebih siap lagi, setiap ide telah dilakukan riset, sehingga kita sanggup menuliskannya jika dibutuhkan secara mendadak.
          
          Dari sisi, tekanan deadline, Feature mempunyai jeda waktu yang longgar, sehingga penulis masih memiliki cukup waktu untuk melakukan riset secara cermat. Riset yang teliti bisa dilakukan dengan mewawancarai berbagai sumber terhadap tema Feature yang terkait. Sangat dibutuhkan waktu untuk mengamati perilaku tokoh-tokoh dan keadaan-keadaan yang menyertainya .
          
          Dan, penulis bisa menuliskannya secara lebih bagus dan meyakinkan, karena ada waktu untuk mengeditnya kembali. Hasilnya adalah sebuah Feature dengan kedalaman makna yang kuat.
          
          Demikianlah penjelasan secara rinci tentang definisi Feature beserta kata dan frasa yang menyertainya sebagai unsur-unsur karakternya. Feature mempunyai ciri-ciri tersendiri dan menjadi topik khusus dalam dunia jurnalistik.
          
          Tulisan Feature merupakan wadah penyampaian pikiran, opini dan pendapat. Suatu pendapat lebih bebas disampaikan dalam bentuk Feature. Kebebasan tersebut, dikarenakan hubungan antara penulis dan pembacanya yang bersifat personal dengan gaya bahasa penulisan percakapan. 
          
          Mengapa dikatakan hubungan antara penulis dengan pembaca bersifat personal? Karena biasanya para pembaca telah mengenal dan loyal kepada sang penulis Feature, dan telah menjadi pembaca setia setiap tulisan sang penulis. Gaya khas menulis penulis telah disukai oleh para pembaca, layaknya fansnya.
          
          Pada bab-bab berikutnya, akan berpindah pada tema "teknik penulisan" Feature dan membedah lebih detail tentangnya.

***

Buku
Menulis Artikel
Asyik Dibaca - 50k

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...