www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#21 Kategori Cerita Panjang Nyata atau Novel Nonfiksi

          Membuat kisah panjang nyata, atau Novel Nonfiksi, ternyata tidak melulu biografi seseorang dari kecil sampai besar. 

          Namun ada bentuk - bentuk cerita panjang yang menarik untuk dibaca.
Bentuk-bentuk cerita tersebut mungkin saja pernah dialami seseorang dalam kehidupan nyata. Sehingga itu bisa dibuat cerita yang layak dibaca pembaca, dan di dalamnya tersirat sarat hikmah.

          Nanti, ke depannya dicoba untuk menyajikan bentuk-bentuk tersebut. 

          Jika kita ingin menulis sebuah cerita nyata yang bagus, kita harus mengetahui hal-hal apa saja yang membuat cerita nyata itu bagus. Mengapa cerita-cerita itu mampu menyentuh hati begitu banyak pembaca. Kita mesti tahu cara kerja, dan mekanika dasar cerita tersebut sehingga menarik. Ibarat seorang arsitek ingin mendesain rumah, ia harus mengetahui seluk-beluk bagian-bagian rumah, fungsi-fungsi ruangan, hubungan antar ruang, arah datangnya sinar matahari pagi yang menyehatkan sehingga tepat meletakan ruangan-ruangan agar menyehatkan dan nyaman, dan banyak lagi.

          Bagaimana bagian-bagian cerita itu berpadu? Mengapa suatu bagian letaknya di sana, misalkan. Dan, banyak lagi.

          Berdasarkan pengalaman para penulis kondang, kita dapat memilah cerita hebat dalam beberapa kategori. Dan, dalam setiap kategori cerita biasanya ada elemen-elemen yang sama.

          Kategori cerita dibagi menurut:
Jenis cerita nyata apa yang akan disampaikan.
Tipe transformasi seperti apa yang dilalui oleh sang tokoh utama.
Tema pokok apa yang dibahas dalam cerita.

          Setiap kategori cerita, jika elemen-elemennya terangkai dengan urutan yang benar seperti dalam 15 rute yang telah lalu dibahas, kisah-kisah tersebut membuat jiwa kita berseru, rasa kemanusiaan akan bergetar. Setiap kategori cerita itu seperti templat-templat kehidupan nyata.

          Dengan mengetahui kategori cerita, kita tak perlu bertanya lagi, "Mengapa cerita nyata saya tak menarik dan tak bagus?"

          Maka dari itu, penting untuk mencari tahu, kategori cerita mana yang cocok dengan cerita yang kita tulis. Setelah itu pastikan apakah cerita kita memiliki semua elemen yang dibutuhkan.

          Sementara ini, berikut tinjauan global dari kategori cerita nyata, yang mungkin salah satunya atau bahkan beberapa cocok dengan cerita nyata yang akan kita kisahkan:

1. Apa motifnya

Sebuah misteri yang mesti dipecahkan oleh tokoh utama (bisa seorang polisi atau bukan). Dan dalam prosesnya, sesuatu yang mengejutkan sisi gelap manusia akan terungkap (motifnya).


2. Proses kehidupan

Sang tokoh utama harus menanggung luka dan derita akibat tantangan-tantangan kehidupan pada umumnya seperti kematian, perpisahan, kehilangan, perceraian, kecanduan, menginjak dewasa, dan sebagainya.


3. Institusionalisasi

Seorang tokoh utama memasuki atau telah terlibat di dalam suatu kelompok, institusi, organisasi atau keluarga tertentu. Dan, ia harus mengambil keputusan untuk bergabung, membebaskan diri atau menghancurkannya.


4. Manusia Super

Seorang tokoh utama yang ditakdirkan punya kemampuan melebihi orang-orang umumnya. Namun, ditakdirkan pula ia berada di lingkungan orang-orang biasa. Sehingga ia mesti berdamai dengan kondisi dirinya.


5. Bertemu masalah

Sosok tokoh utama yang polos dan biasa-biasa saja, tiba-tiba ia mendapati dirinya berada di tengah situasi yang luar biasa. Sehingga ia harus bangkit menghadapi tantangan tersebut.


6. Kemenangan Sang Bodoh

Seorang tokoh utama yang diremehkan dan dipandang sebelah mata oleh semacam "kelompok mapan atau lembaga". Dan akhirnya ia membuktikan nilai yang tersembunyi dalam dirinya kepada masyarakat.


7. Cinta dan persahabatan

Seseorang tokoh utama mengalami transformasi (perubahan pribadi) karena bertemu dengan orang lain termasuk di dalamnya: kisah mencari pasangan syari atau hubungan cinta kasih antara pasangan halal yang layak (tidak melanggar syari) diceritakan, kisah persahabatan, dan sebagainya.


8. Perjalanan

Seorang tokoh utama atau beberapa tokoh melakukan semacam perjalanan demi mencari sesuatu dan malahan menemukan hal lain, yaitu menemukan diri mereka sendiri.

          Yang tersisa 2 kategori cerita. Mungkin bisa dimodifikasi sesuai pandangan Islam:


9. Dunia tak terlihat

Seorang tokoh utama terlibat dalam dunia tak kasat mata. Yaitu hal-hal terkait dunia gaib, dunia jin. Bagaimana tokoh utama tersebut menangkal kejelekan dunia jin, sihir, dan semisalnya dengan cara-cara syari. Bahkan di kalangan umum, cerita semacam ini menjadi tema yang digandrungi masyarakat umum. Apalagi negeri kita banyak hal-hal terkait ini, sehingga tanpa sadar penulis telah menjadi sumber penyebaran kesyirikan. Cerita nyata tentang dunia ini, boleh jadi menjadi penarik untuk dibaca oleh kalangan umum. Dan, pada akhirnya menjadi media menyampaikan dakwah tauhid yang menjelaskan hakikat pengelabuan para setan di tema ini. Allahu'alam.

Yang ke 10, 

belum mendapatkan ide sesuai Islam. Karena kategori ini bercerita tentang seorang tokoh utama yang mesti menaklukkan suatu sosok monster dalam situasi terbatas. Mungkin kita ada ide bentuk cerita ini? Monster yang ada tidak harus monster khayalan. Manusia pun bisa menjadi monster jika ia sangat jahat dan zalim, misal saja Firaun, musuh-musuh Islam yang seringnya menganiaya kaum muslimin, seperti kaum Yahudi, dan sejenisnya. 

         Kategori cerita itu tidak mengharuskan seperti itu. Kategori tersebut disimpulkan dan hasil riset oleh penulis kondang, bahwa 10 kategori itulah merupakan cerita-cerita yang bagus dan menarik dibaca selama kurun waktu berabad-abad lamanya.

         Sementara ini dulu, nanti akan ada bahasannya setiap kategori cerita yang dapat dicari kisah nyata yang mencocoki kategori tersebut. Dan, tentu saja dalam bidikan teropong manhaj kita, Ahlus Sunnah.

***

Buku Menulis
Kisah Inspiratif

rasa Novel - 55k

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...