www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#20 Lanjutan Teras Tulisan: Keanehan dan Konsekuensi

Keanehan

          Sama halnya dengan daya pikat manusiawi, kata "keanehan" pun tidak mempunyai pemahaman yang sama bagi setiap orang. Setiap orang akan memberikan pengungkapan masing-masing tentang sesuatu yang tak sesuai nilai dengan nilai yang dianut seseorang yang dianggap aneh.
         
         Karena sulit menguraikan apa itu keanehan, kita hanya bisa memberi contoh, misalnya;
✓ Orang menggigit kucing, cukup aneh dalam dunia jurnalistik.
✓ Orang tak punya kaki memimpin beberapa perusahaan besar.
✓ Orang loncat dari gedung tingkat 6, hanya cedera patah 1 tulang rusuknya.
✓ Sopir taksi online mahir 10 bahasa daerah, jadi bisa mudah berkomunikasi dengan para penumpang dari 10 daerah tersebut.
✓ Dan sebagainya.

          Kita mengetahui sesuatu itu aneh atau lain dari kebiasaan orang apa tidak, dari.respon masyarakat jika mendengar berita tersebut, berupa ungkapan-ungkapan seperti, "Wow. ..", "Kok bisa begitu ya ...", "Gilak bener ...", dan lain-lain.

Konsekuensi

          Suatu peristiwa, gagasan atau permasalahan akan punya daya tarik yang besar jika ketiga hal tersebut berdampak luas bagi kehidupan manusia.
          
          Contoh,
✓ Penemuan obat pembasmi hama hewan penggerek pada segala tanaman oleh peneliti, sehingga bisa membangun taman gantung di dalam kota.
✓ Air bawah tanah di kota Jakarta, tercemar zat merkuri.
✓ Dan sebagainya.

        Yang kesemuanya itu memberikan konsekuensi luas, bahkan sangat fundamental terhadap peri kehidupan manusia di suatu zaman, sekarang, atau esok, di sini atau di tempat lain.

          Sampai di sini, demikianlah hal-hal yang dapat membangkitkan ketertarikan perhatian, berupa kebaruan, kedekatan, cuatan, daya pikat manusiawi, keanehan dan konsekuensi. Hal-hal tersebut akan memungkinkan penemuan paragraf yang menarik pada penuangan isi Teras yang memukau, jalan cerita yang teratur, bahasa percakapan yang akrab, dan dengan estetika gaya bahasa yang indah.

***

Buku
Menulis Artikel
Asyik Dibaca - 50k

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...