www.izzuka.com
Menjadi Terampil Menulis
hanya dari kebiasaan menulis sederhana, mau? buruan! TAP > Yuk! menulis di sketsarumah.com.

#04 Rute 1 - Perkenalan atau Deskripsi Pembuka

Bagian Awal

          Struktur tiga bagian dalam suatu kisah bukanlah hal yang baru. Telah lewat bahasan masalah tersebut pada Pola dalam Kisah di blog Yuk! Menulis. Dan kita ketahui suatu biografi atau Novel Nonfiksi merupakan cerita yang panjang. Sehingga tiga bagian tersebut bisa kita umpamakan tiga dunia bagi sang tokoh utama. Tiga dunia dengan situasi yang sangat berbeda dijalani sang tokoh utama dalam transformasi sosok pribadinya.

          Sebelum tokoh utama kita bergerak kemanapun atau berubah menjadi siapapun, ia berada di suatu tempat untuk memulainya. Itulah Bagian Awal itu. Bagian ini, adalah bagian untuk menunjukkan bahwa, seperti apa dunia dan kehidupan sang tokoh utama sebelum segalanya mulai berubah. Karena jika para pembaca tak mengetahui situasi tokoh utama sebelumnya, mereka tak sungguh-sungguh untuk mengapresiasi sosok tokoh utama pada saat waktunya bertransformasi.

Deskripsi Pembuka

Isinya, memperlihatkan profil tokoh utama dan dunianya sebelum ia berubah, secara singkat.

Posisinya 1%, yaitu adegan atau bab pertama cerita kita.
        
         Menampilkan sebuah adegan atau bab yang menggambarkan kehidupan tokoh utama sebelum takdir mengubah segalanya. Bagian ini juga menjelaskan jenis perjalanan yang akan para pembaca tempuh, dan dengan siapa saja akan menjalaninya.

         Pembuka juga menentukan nuansa, gaya dan suasana buku biografi.
✓ Jika penulis memang punya gaya lucu, konyol, maka seharusnya suasananyapun lucu.
✓ Jika memang gayanya menegangkan, ya semestinya menegangkan dan penuh kejutan.
✓ Dan sebagainya.

          Disinilah, gaya tulisan kita sebagai penulis memberi gambaran umum kepada para pembaca suasana yang akan mereka masuki.

          Tahap pembuka ini pula, seharusnya memberi gambaran sebuah representasi visual dari kehidupan tokoh utama yang tak sempurna. Maka, disinilah juga saatnya kita menunjukkan satu, dua atau sebanyak-banyaknya kekurangan tokoh utama, dan bagaimana kekurangan-kekurangan itu benar-benar mengacaukan kehidupannya.

          Apakah tokoh utama kita pendiam, kurang percaya diri, introver, dan grogian? Jangan hanya mengatakan, tetapi perlihatkan, dan tunjukkan dengan aksi-aksinya, monolog batinnya yang memang itu telah ada momen-momen tersebut. Pilih momen yang mendukung itu semua. Sehingga di awal buku para pembaca akan dibayangi oleh karakter tokoh yang mempunyai masalah serius dan buku ini akan seru sekali!

          Jelas bahwa, deskripsi pembuka adalah kebalikan atau lawan dari deskripsi penutup di akhir nanti. Pembuka menunjukkan sang tokoh utama memulai, sedangkan penutup menunjukkan dimana sang tokoh utama berakhir. Kedua titik plot tersebut, sebagai tanda mulai dan akhirnya suatu perjalanan transformasi, dan keduanya bertolak belakang.

          Jika tidak demikian, kalau begitu kemana sang tokoh utama akan bergerak? Apa fungsinya dibuat biografi?

          Semakin jauh perbedaan antara Pembuka dengan Penutup, maka biografi tersebut semakin bernilai.

          Perlu diingat pula, bahwa Penutup merupakan sebuah adegan, bab tunggal atau biasa disebut epilog. Ia hanya sepotong informasi. Sedangkan bagian lain, boleh jadi terdiri dari beberapa bab, adegan atau multi adegan.

          Di dalam cerita biografi Ngadiman, pembuka memang terdiri dari beberapa adegan, dikarenakan banyaknya masalah atau kekurangan yang dimilikinya. Semakin banyak masalah semakin bagus. Sehingga kemungkinan besar prosentase biografi bagian Pembuka ini bisa mencapai melebihi 1%. Berikut beberapa judul bab-babnya:

Tema: Kurang bermasyrakat, akibat kungkungan orang tua.

Tema: Tak punya teman bermain yang sebaya.

Tema: Pendiam dan introvernya Ngadiman

Tema: Letupan pertama  perlawanan terhadap nasehat orang tua.
          
***

Mendesain kebiasaan BELAJAR ilmu syar'i dengan MENULISkannya, diretas bersama teman setia kopi di studio sketsarumah.com.
F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...