www.izzuka.com

#07 Rute 4 - Katalis atau Dorongan

Isinya, mengacaukan dunia tokoh utama sebelum transformasi dengan peristiwa yang mengubah hidup.

Posisinya, 10% atau lebih awal lagi dari itu.
 
          Sekarang saatnya meruntuhkan dunia sang tokoh utama dengan segala kekurangannya.

Katalis, merupakan gelagat perubahan. Katalis adalah suatu peristiwa yang menimpa hidup tokoh utama, menimbulkan begitu banyak kerusakan, sampai tokoh utama tak punya pilihan lagi selain melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan sang tokoh utama. Mencoba sesuatu yang baru, bergerak ke tempat lain.

          Katalis, sering terjadi dalam bentuk kabar buruk. Misalkan:
✓ Sepucuk surat kabar buruk.
✓ Panggilan telpon mengejutkan.
✓ Kematian.
✓ Dipecat dari pekerjaan.
✓ Didiagnosis penyakit mematikan.
✓ Penahanan menuju penjara.
✓ Kecelakaan yang hampir merenggut nyawa.
✓ Dan sebagainya.
          
          Mengapa begitu?

          Ini seringkali terjadi dalam kehidupan nyata. Sebagian orang enggan mengubah hidupnya sampai sesuatu yang buruk terjadi. Berita buruk, musibah dan kesulitan sering membuka pada hal-hal yang baik. Bahkan hal-hal yang baik biasanya didapat lebih banyak dari pada hal-hal yang jelek dari kejadian buruk.


          Jika tak ada kabar atau hal buruk, tokoh utama akan merasa "tak mengapa" menjalani hidupnya dengan segala masalahnya. Bahkan, mungkin untuk seterusnya.
          
          Aku sendiri heran, apakah seseorang harus mengalami hal buruk dulu, baru melangkah menuju kebaikan? Allah Musta'an. Manusia ...

          Rasa kesengsaraan ternyata menjadi terapi bagi sosok yang tak peduli dengan kebaikan.
          
          Katalis, adalah suatu adegan tunggal yang menimpa pada tokoh utama, sehingga mampu membalikkan kehidupannya sepenuhnya ke arah yang baru. Katalis memorakporandakan dunia serba kekurangan tokoh utama, serta membawanya ke suatu perjalanan menuju perubahan.

          Katalis bagaikan alarm untuk beraksi, agar tokoh utama melihat dunia dengan cara pandang baru. Katalis musti peristiwa besar dan dahsyat meluluh lantakkan jiwa tokoh utama.

          Para pembaca akan berkata, "Wow! Aku tak menyangka itu akan terjadi! Bagaimana sang tokoh utama bisa pulih dari itu semua?"

          Bagaimana mengetahui bahwa katalis yang terjadi itu dahsyat?

          Ajukan pertanyaan:
          Mampukah tokoh utama dengan mudah kembali dan melanjutkan kepada kehidupan normal?

          Jika jawabannya "ya", maka katalis yang terjadi pada tokoh utama tak cukup dahsyat.

          Jika jawabannya "tidak", maka katalis tersebut sungguh dahsyat.
          
Episode apa katalis pada kisah Ngadiman? 

          Katalis pada kisah Ngadiman ternyata ada beberapa momen, dari yang paling ringan sampai berat. Berikut adegan-adegannya:

#12 Usus Buntu
Sakit adalah takdir Allah, dan hampir-hampir saja mendekati gerbang kematian. Seluruh hasrat terhenti. Ada hikmah dibalik itu. Hanya saja Ngadiman bukannya bangkit, tetapi ia semakin terpuruk dan minder dalam pergaulan.

Bab #13 Tragedi
Tema: Puncak keterpurukan akibat hasrat bersosialisasi, ingin banyak teman, diterima lingkungan. Tetapi Ngadiman salah memilih teman akibat minder dan rapuhnya kepribadiannya.

Bab #15 Nyaris (2)
Tema: Tanda-tanda peringatan dari Allah akan kematian kembali.

Bab #17 Bukan Nyaris lagi
Tema: Kehendak Allah di atas kehendak manusia. Hasrat bagaimanapun jika tak sesuai fitrah Allah akan beri tanda-tanda. Mirip dengan kejadian sakit usus buntu.

          Adegan-adegan di atas, ada yang tak berurutan. Nomor bab berdasarkan alur maju peristiwa. Sehingga nantinya, ada beberapa yang memakai alur mundur (kilas balik). Untuk sementara nomor bab dibiarkan begitu saja untuk mengetahui alur maju berdasarkan waktu kronologi. Bab-bab yang dilompati tidak berbobot katalis.

***

Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.
Produk

Online Shop
Buku, Peranti belajar,
dan sebagainya



Misi


Fakta
Ciri Khas Artikel



F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...