www.izzuka.com

#07 Ide Tulisan Kisah Nyata Inspiratif (nonfiksi), bagaimana melahirkannya

          Setelah kita mengenal apa itu Kisah Nyata (nonfiksi) dan ketegangan itu memang mengasyikkan yang ada di dalamnya, maka kini tiba waktunyalah, kita mencoba menulis Kisah Nonfiksi dengan ide tulisan dari gagasan kita sendiri. Selanjutnya kita akan selalu memakai istilah Kisah Nyata Inspiratif, yang lebih dikenal dan akrab didengar oleh masyarakat umum, daripada istilah Narasi.

          Lantas, bagaimana memulainya?

          Berikut kita mulai dahulu dari menyusun kronologis urutan langkah-langkah membuat Kisah Nyata Inspiratif yang telah dilakukan:

1. Membuat tabel peristiwa-peristiwa yang menarik dalam kehidupan kita dari sejak lahir sampai saat ini
  • terutama jangan lewatkan kejadian-kejadian yang mengandung konflik
  • Tentu hal ini butuh ingatan yang tajam. Dan, proses mengingat-ingat ini telah (bisa) dilakukan dalam waktu yang cukup panjang. 
  • Bahkan, jika ada yang belum ingat, ditinggal lebih dahulu sambil di sela-sela melakukan kegiatan yang lain. 
  • Sehingga tabel inipun kadang dalam perjalanan proses menulis mengalami beberapa revisi sampai saat kinipun. Ini adalah hal yang wajar, karena yang kita ingat-ingat adalah sesuatu yang telah lama lewat di belakang kita
  • Akan tetapi, biasanya kejadian-kejadian yang berkesan, apalagi mengandung konflik nyatanya sangat tergores dalam sanubari kita. Sehingga pasti ada yang masih teringat, In syaa Allah.
2. Menyeleksi dan menandai peristiwa-peristiwa tersebut, manakah yang mengandung konflik.

3. Memilih peristiwa-peristiwa yang mengandung konflik tersebut manakah yang paling menarik lebih dahulu untuk dikisahkan. Hal tersebut agar memberi konsistensi semangat kita untuk menulis kisah-kisah nyata inspiratif selanjutnya.

4. Pilih salah satunya dari poin 3 di atas dan mulai membuat kerangka cerita dengan pola kisah nyata inspiratif atau struktur a-lif-ba!

5. Mulailah menulis paragraf demi paragraf dari peristiwa yang kita telah pilih dan 
  • buat kerangkanya
  • dengan teknik menulis deskripsi, 
  • struktur perbuatan, 
  • dialog, 
  • dan teknik-teknik paragraf kisah yang akan dijelaskan lebih mendetail yang akan datang.
6. Ulangi kembali dari poin 4 dan 5 untuk peristiwa lainnya. Dan, seterusnya.

          Kisah-kisah yang telah jadi itu nantinya bisa dirangkai menjadi semacam Kisah Nyata Panjang (Nonfiksi) atau Riwayat Hidup (Biografi). Dan,  ada teknik-teknik perangkaiannya agar ada kesinambungan antara kisah satu dengan kisah yang lain. Hal inipun akan dijelaskan pada tulisan-tulisan  berikutnya dengan kategori Belajar Menulis Biografi Inspiratif.

          Teknik perangkaian kisah-kisah tersebut, agar terjadi kesinambungan satu sama lain, memang nantinya musti dimodifikasi. Jika dibutuhkan, kemungkinan adanya paragraf-paragraf tambahan. Dimana paragraf-paragraf tambahan tersebutlah yang akan merangkai kisah-kisah nyata inspiratif tersebut menjadi satu kesatuan cerita nyata yang utuh. Sehingga, untuk hal ini perlu menyusun adanya 
  • suatu kalimat Premis 
  • yang menjadi fokus dari Biografi Inspiratif tersebut. 
  • Premis inilah yang menjadi hasrat, tujuan atau motivasi tokoh utama dalam kehidupannya,
  • dan apa yang menghalangi tokoh utama dalam mencapainya. 
           Catatan-catatan peristiwa yang menarik dan unik akan tetapi tidak mengandung konflik janganlah dibuang, tetap kita simpan. Karena terkadang kejadian-kejadian tersebut nantinya kita butuhkan dalam membuat Biografi Inspiratif sebagai kisah penghubung atau transisi antara kisah-kisah di dalamnya untuk kesinambungan kisah secara keseluruhan. Asalkan, kisah tersebut mempunyai keterkaitan dengan kisah-kisah lainnya di dalamnya.

          Baiklah, kita coba mulai!

          Poin 1, contoh tabel peristiwa yang menarik dalam kehidupan dari lahir dan seterusnya:

          Poin 2, menyeleksi peristiwa-peristiwa tersebut, manakah yang mengandung konflik:
  • Mbak Tinuk dan mbak Endi mencuri mangga tetangga (konflik kakak-kakak dengan orang tua).
  • Menaiki pesawat terbang ke Bengkulu yang mesinnya mati satu, akhirnya balik lagi ke Kemayoran (konflik batin dengan kondisi lingkungan di dalam pesawat terbang).
  • Akibat tidak mendengar titah orang tua, akhirnya dislokasi tulang tangan, akibat berikutnya berobat ke Curup, Bengkulu (konflik aku dengan orang tua).
  • ... dan seterusnya ...
  • Merasa aneh melihat anak tetangga sholat Jum'at, akhirnya ingin bisa sholat (konflik batin dengan kondisi diri sendiri).
  • Membolos seluruh murid kelas 2a SMP, Bengkulu karena ingin menonton lomba motorcross, provokator adalah teman sendiri: si B (konflik aku sebagai ketua kelas dengan teman-teman sekelas).
  • Konflik dengan si H, teman satu komplek perumahan tempat tinggal (konflik aku dan teman-temanku dengan si H dan teman-temannya).
  • Peristiwa Gunung Merapi meletus tahun 2010 (konflik aku dengan alam).
  • Dan seterusnya …

          Poin 3, memilih peristiwa-peristiwa yang mengandung konflik tersebut manakah yang paling menarik lebih dahulu untuk dikisahkan:
  • Merapi meletus. 
  • Merasa aneh melihat anak tetangga sholat Jum'at, akhirnya ingin bisa sholat.
  • Membolos seluruh murid kelas 2a SMP, Bengkulu karena ingin menonton lomba motorcross, provokator adalah teman sendiri: si B.
  • Konflik dengan si H, teman satu komplek perumahan tempat tinggal.
  • Dan seterusnya ...

          Poin 4, pilih salah satunya dari poin 3 di atas dan mulai membuat kerangka cerita dengan pola kisah nyata inspiratif atau struktur a-lif-ba! Misalkan, 

Merapi meletus
1. Bagian Awal (-a-): Mulai mendeskripsikan suasana menegangkan ketika Merapi meletus dan memperkenalkan tokoh-tokoh: aku, istri, anakku.

2. Bagian Tengah (-lif-): Mulai mendeskripsikan suasana yang semakin gawat, dan klimaksnya tertidur dan tiba-tiba terjaga langsung teringat ganasnya wedhus gembel kabut panas vulkanik.

3. Bagian Akhir (-ba!-): Suasana mereda ketika telah mengungsi ke rumah saudara di Purwokerto, dan ada berita tewasnya relawan di detik.com.

           Poin 5, mulai menulis paragraf demi paragraf dari peristiwa yang kita telah pilih. Silakan lihat kisah peristiwa Gunung Merapi meletus dengan judul "Gentar". 

          Poin 6, ulangi kembali dari poin 4 dan 5 untuk peristiwa lainnya. Untuk poin ini, kita akan coba lagi membuat contohnya pada postingan berikutnya setelah ini dengan analisis yang lebih detail dan terperinci. In syaa Allah.

***

Mau belajar menulis Kisah Nyata via daring (online), ikuti tahapannya, TAP /KETUK > di bawah ini:

Atau, mau belajar menulis Kisah Nyata via luring (offline), beli saja bukunya, TAP /KETUK > di bawah ini:
Buku Menulis
Kisah Inspiratif

rasa Novel - 55k


Mau Belajar Ilmu Syar'i dengan Menuliskannya, mudah, sedikit demi sedikit, dan saban hari, TAP /KETUK > di bawah ini:
WhatsApp Salafy Asyik Belajar dan Menulis

Sederhana itu Lebih - Less is More. Desain bukanlah menambah-nambah biar berfungsi, tetapi desain adalah menyederhanakan agar berdaya guna.
Produk

Online Shop
Buku, Peranti belajar,
dan sebagainya



Misi


Fakta
Ciri Khas Artikel



F A Q (Frequently Asked Questions)
Pertanyaan yang sering diajukan

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Bismillah, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...